Senin, 13 Oktober 2008

Kontrak Belajar

Mata Kuliah : Psikologi Komunikasi dan Tabligh
Bobot Mata Kuliah : 3 sks.
Jurusan/Semester : KPI / V A, B (Selasa) dan V C (Senin)
Lokal / waktu : Selasa; 6.14 (pukul 7.30), 6.13 (pukul 09.40) dan Senin; 6.02 (15.10)
Dosen : Dra. Armawati Arbi. M.Si


1.Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini memperkaya wawasan mahasiswa bahwa komunikasi didekati oleh berbagai disiplin ilmu. Kesempatan ini komunikasi dikupas oleh para psikolog. Mereka memulai dari memperkenalkan pandangan psikologi terhadap manusia. Psikolog Islam juga memberikan pandangannya mengenai manusia.
Apapun profesi seseorang membutuhkan pengenalan terhadap dirinya sendiri apalagi profesi melayani publik dan dakwah. Sebelum berdakwah seseorang berdakwah pada diri sendiri agar ia mempersiapkan diri sesuai dengan tuntunan psikologi dan Islam. Tahapan dakwah berikutnya seorang psikolog, guru, dosen, orang tua, pimpinan mengenal seara baik seorang klien, murid, mahasiswa dan bawahannya agar mereka tidak salah menerapkan pendekatannya karena setiap individu berbeda cara mendekatinya, melalui pendekatan interpersonal dalam dakwah fardiyah yang membutuhkan data psikologis individu tersebut.
Seseorang memberikan perlakuan dan mendapatkan data, psikologis seseorang, ada yang diperoleh secara individu dan ada yang mudah melalui kelompok maka seseorang dapat membedakan dan memilih klasifikasi dan bentuk kelompok yang tepat bagi dakwah, penyuluhan dan training.
Umat islam sebaiknya memahami keperkasaan komunikator, pesan, media juga mereka mengetahui kapan turun naiknya keperkasaan khalayak Umat islam menjadikan muslim dan muslimah sebagai khalayak yang aktip berkuasa untuk mengatur radio, TV dan tabloid yang akan didengar, dibaca dan ditonton, Diharapkan umat tidak menyalahkan media sebagai benda mati, akantetapi mereka menyalahkan diri sendiri dan keluarganya.
Psikolog memberikan teori tahapan orang menjadi komunikator yang professional, dai tidak tiba-tiba mencapai kredibilitasnya tinggi dan daipun kredibilitasnya tidak dapat mencapai kredit tinggi di mana-mana atau di seluruh lapisan masyarakat karena kredibilitas ditentukan oleh khalayaknya dan segmennya.
Mengemas pesan merupakan suatu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang komunikator apalagi mereka belum dikenal oleh publik. Psikolog memberikan konsep struktur pesan, dayatarik pesan dan abstraksi pesan yang perlu diperhatikan dan dihindari oleh seorang komunikator.


2. Tujuan Umum Pengajaran:

Memahami peta konsep Psikologi Komunikasi dan Tabligh beserta aplikasinya dalam pandangan islam.

3. Tujuan Khusus Pengajaran:

Menggambarkan ruang lingkup, peta konsep dan manfaat mata kuliah psikologi komunikasi dan Tabligh dan menjelaskan hubungan konsep-konsepnya.
Memahami dai dan mad’u adalah manusia. Struktur kepribadian menurut psikologi dan Islam.
Membedakan faktor pribadi dan situasi mempengaruhi prilaku dai dan mad’u dalam dakwah dzatiyah.
Mengenal dakwah dzatiyah: faktor internal dan eksternal mempengaruhi sensasi dan persepsi (memahami diri sendiri) juga menurut pandangan islam.
Membedakan memori dan berfikir menurut pandangan psikologi dan Islam
Mengenal dakwah fardiyah: faktor situasi dan faktor pribadi pada persepsi interpersonal (memahami orang lain) dan konsep diri.
Mempraktekkan dakwah dzatiyah pada diri sendiri dan dakwah fardiyah pada Keluarga, sahabat atau orang lain, laporan sebagai hasil mid-tes.
Memilih dakwah halaqoh: klasifikasi dan bentuk komunikasi kelompok yang tepat.
Faktor situasi dan personal mempengaruhi komunikasi kelompok dapat mencapai keefektifan dakwah.
Menerangkan dakwah ramzi: faktor-faktor mempengaruhi naik turunnya keperkasaan media dan berjayanya komunikator, pesan, komunikasi antarpribadi atau komunikasi kelompok.
Membedakan reaksi khalayak, efek kognitif, sikap dan prilaku komunikasi
Melatih, membuat tulisan sejarah dai sebagai komunikator: Intrinsic ethos (pemula), prior ethos (penengah) dan ethos (tingkat mahir) menuju dai yang professional.
Dakwah professional: Melatih cara mengemas pesan menurut pandangan psikologi dan Islam
Mempraktekkan dakwah halaqoh, ramzi, dai dan dakwah yang profesional atau mengamati kelompok sendiri, mengamati kemasan pesan dakwah di media massa dan mewawancarai sejarah dai dari tahap pemula,penengah dan mencapai mahir.


4. Tujuan Jangka Panjang:

a. Mahasiswa dapat mempersiapkan dakwah pada diri sendiri sebagaimana perjalanan para Rosul dan dakwah fardiyah.nabi Muhammad SAW dan para sahabat.
b. Seorang komunikator dan dai mampu memahami peristiwa komunikasi dan prilaku diri sendiri dan khalayaknya dari level komunikasi unit terkecil sampai ke unit terbesar, terutama konteks dakwah.

5.Tugas Perkuliahan

Selama perkuliahan mahasiswa diwajibkan untuk:

a. Menulis data kultural, data sosiologis dan data psikologis diri sendiri.
b. Mengisi data kultural, data sosiologis dan data psikologis temannya (penetrasi sosial)
c. Membuat laporan kelompok yang efektif dan tidak.efektif
d. Mengamati seseorang komunikator dan melaporkan sejarah dakwahnya dari pemula, menengah sampai mahir.
e. Merekam dan menganalisis pesan dai di media massa atau tabligh langsung.

6. Penilaian

a. Tugas formatif (3):
Absen, akhlak, keaktifan di kelas dan menulis data diri dan data orang lain
b. Tugas Mid tes (3):
Laporan praktek dakwah pada diri sendiri dan mendekati orang lain melalui dakwah fardiyah
c. Tugas Summatif (4):
Laporan dari pilihan berdakwah di kelompok, mengamati dakwah di media, melaporkan sejarah dai ,tahapan menuju komunikator yang professional dan kemasan pesannya.


7. Metode dan Tehnik Penyampaian:

Menggambarkan peta konsep, menunjukkan hubungan konsep dan mahasiswa mengikutinya.
Menanyakan ilustrasi di awal bab kepada mahasiswa sambil mengabsen
Memilih konsep yang tersukar dipahami oleh mahasiswa.
Melatih mahasiswa untuk membuat kisi komunikasi intra pribadi dan kisi data orang lain.
Melaksanakan games dan komunikasi kelompok yang efektif

8. Materi Perkuliahan
a. Peta konsep psikologi komunikasi dan Tabligh dan menjelaskan hubungan konsep-konsepnya.
b. Konsep manusia menurut pandangan islam dan faktor pribadi mempengaruhi prilaku manusia.
c. Prilaku manusia yang dipengaruhi oleh faktor situasi.
d. Faktor-faktor mempengaruhi sensasi dan persepsi juga pandangan islam mengenai sensasi dan persepsi.
e. Memori dan berfikir menurut pandangan psikologi dan Islam
Faktor situasi dan faktor pribadi Mempengaruhi persepsi interpersonal dan konsep diri.
Dakwah pada diri sendiri dan dakwah pada orang lain.
Klasifikasi dan bentuk komunikasi kelompok
Faktor situasi dan personal mempengaruhi komunikasi kelompok dalam mencapai keefektifan dakwah.
Faktor-faktor mempengaruhi naik turunnya keperkasaan dan berjayanya komunikator, pesan, keperkasaan media atau komunikasi kelompok.
Reaksi khalayak dan efek komunikasi massa
Tahapan komunikator menuju dai yang profesional menurut pandangan psikologi; Prior ethos, ethos, intrinsic ethos
Cara mengemas pesan menurut psikologi dan pandangan Islam
Dakwah Halaqoh di kelompok, Dakwah Ramzi di media massa atau kemasan pesan dakwah di media massa


9. Buku Bacaan Wajib:
Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung, Rosda, 1989
Armawati Arbi, Dakwah dan Komunikasi, Jakarta, UIN Press, 2003

10. Buku Anjuran:
Ahmad Mubarok, Psikologi dakwah, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1999
Totok Jumantoro, Psikologi Dakwah, Jakarta, Amzah, 2001
b. Andi Mappiare AT, Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2004
c.M. Hamdani Bakran adz- Dzaky, Psikoterapi dan Konseling Islam, Jogyakarta, Fajar Pustaka Baru, 2001
d.Hanna Djumhana Bastaman, Integrasi Psikologi dengan Islam, Yogyakarta, Insan kamil, 2001
e.Achmad Mubarok, Jiwa dalam al-Qur’an, Jakarta, Paramadina, 2000

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Flowers and Decors. Powered by Blogger